Cara Menghitung Berat Volume Paket

Cara Menghitung Berat Volume Paket Dan Tips Meminimalisir Berat Volume Pengiriman Ke Luar Negeri

Informasi Cara Menghitung Berat Volume Paket Pengiriman Ke Luar Negeri, Rumus Menghitung Berat Volume Paket, Bagaimana Rumus Menghitung Berat Volume Paket Pengiriman Ke Luar Negeri dan Contoh Perhitungan Berat Volume Pengiriman Barang Ke Luar Negeri Serta Tips Bagaimana Meminimalisir Berat Volume Pengiriman Paket Ke Luar Negeri, Temukan jawabannya disini.

Apa yang dimaksud dengan Berat Volume
Berat Volume atau biasa disebut dengan berat dimensi adalah ukuran berat yang dikenakan kepada pihak pengirim apabila ukuran kemasan paket lebih besar daripada berat aktual atau berat timbangan paket. Maksudnya seperti ini ketika anda mengirim barang yang ukurannya besar tapi beratnya ringan maka anda akan dikenakan berat volume. Berat Contohnya anda mengirim boneka teddy bear ukuran besar, maka anda akan dikenakan berat volume karena berat timbangan boneka ini ringan tapi ukurannya besar.
Mengapa paket kiriman ke luar negeri dikenakan Berat Volume
Alasan mengapa paket kiriman dikenakan berat volume yaitu karena paket kiriman dengan ukuran besar akan membutuhkan lebih banyak ruang pada saat dinaikkan ke bagasi pesawat atau kapal. Ruang bagasi yang harusnya bisa digunakan untuk paket lain diambil oleh paket anda. Itulah kenapa paket kiriman dihitung lebih berat daripada berat timbangan atau berat aktual paket anda. Jadi kalau paket kiriman anda ukurannya besar tapi beratnya ringan, jangan kaget atau marah lagi kalau anda dikenakan biaya pengiriman yang lebih tinggi daripada yang seharusnya oleh pihak ekspedisi pengiriman barang.
Cara menghitung berat volume paket pengiriman ke Luar Negeri
Cara menghitung berat volume paket pengiriman ke luar negeri sedikit berbeda dengan perhitungan paket pengiriman domestik antar kota atau antar pulau. Hal ini sangat penting untuk anda ketahui, supaya tidak salah saat melakukan perhitungan berat volume paket anda. Perbedaannya terletak pada angka pembaginya, kalau ekspedisi pengiriman luar negeri menggunakan angka pembagi 5000, sedangkan ekspedisi pengiriman domestik menggunakan angka pembagi beratnya 6000. Untuk berat volume paket kiriman domestik yang dikenakan JNE, TIKI, Pos, Wahana, J&T, dsb rumus perhitungannya yaitu :
〉 Panjang x Lebar x Tinggi : 6000

Sedangkan Rumus berat volume yang dikenakan oleh ekspedisi atau cargo internasional seperti DHL, FEDEX, TNT, ARAMEX, UPS, EMS, Citylink Express, Respatindo, dsb menggunakan rumus berikut ini :
〉 Panjang x Lebar x Tinggi : 5000

Contoh perhitungan Berat Volume Paket pengiriman ke Luar Negeri
Berikutnya, kami akan menjelaskan contoh perhitungan berat volume paket pengiriman ke luar negeri. Misalnya anda akan mengirim paket ke luar negeri berupa boneka teddy bear dengan berat aktual atau berat timbangan 3 kg menggunakan kemasa box atau kardus dengan ukuran panjang 50 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 30 cm. Maka Rumus perhitungan berat volumenya yaitu :
〉 50 x 40 x 30 : 5000 = 12 kg
Jadi anda akan dikenakan biaya pengiriman sebesar 12 kg.
Bagaimana Jika Berat Aktual Paket ke Luar Negeri lebih besar daripada Berat Volumenya
Kebalikannya, jika berat aktual atau berat timbangan paket anda lebih besar dari pada berat volumenya maka anda akan dikenakan biaya pengiriman sesuai dengan berat aktual paket anda. Intinya Biaya pengiriman ke luar negeri selalu membandingkan antara berat aktual dan berat volume paket, mana yang paling besar itulah yang akan dikenakan kepada pihak pengirim (Shipper).
Tips meminimalisir Berat Volume pengiriman ke Luar Negeri
Sekarang kita akan bagikan Tips meminimalisir berat volume pengiriman ke Luar Negeri, seperti berikut ini :
• Anda harus mengetahui karakteristik barang yang akan anda kirim
• Gunakan Box atau Kardus yang ukurannya sesuai dengan barang yang anda kirim, jangan memakai Box yang terlalu besar karena berat volume dihitung berdasarkan ukuran box atau kardus.
• Saat memasukkan barang dalam Box, tatalah barang serapi mungkin.
• Jangan menggunakan karung karena dimensi karung ini berubah-ubah dan bisa meningkatkan berat volume paket, karung boleh digunakan untuk pelapis kardus atau box.
Semoga dengan mengetahui cara menghitung berat volume paket di atas membuat anda bisa menghitung sendiri berat volume paket yang akan anda kirim sehingga bisa mengestimasi biaya pengiriman ke luar negeri yang harus anda bayar.

bottom

Komentar ditutup.

bottom

Desain oleh Web Design Jakarta | Optimalisasi oleh Wordpress Expert